Penelitian Swakelola, Tahun 2015
Sebagai sebuah upaya untuk terus
memperbaiki kondisi lingkungan kerja, PT Pos Indonesia (Persero) pada Tahun
2014 ini mengadakan Survei Kepuasan dan Engagement Karyawan. Salah satu cara
yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawan adalah dengan memperhatikan dan menerima
masukan dari karyawan yang dapat diperoleh melalui survei kepuasan karyawan.
Metode Survei Kepuasan dan Engagement Karyawan dilaksanakan dengan
cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan yang memenuhi persyaratan.
Persyaratan karyawan yang dapat mengikuti Survey Kepuasan dan Engagement Karyawan ini adalah karyawan
yang telah bekerja di PT Pos Indonesia (Persero).
Aspek-aspek yang menjadi variable
dalam survey kepuasan karyawan ini, yaitu :
a.
Kebijakan
dan kondisi Tempat kerja.
b.
Supervisi
dan pengawasan.
c.
Salary/imbalan
dan benefit.
d.
Prestasi
(Achievment dan pengakuan (Recognition).
e.
Komunikasi
dan kerja sama.
f.
Pengembangan
karyawan (advancement)
g.
Pekerjaan
(Work)
Faktor-faktor
yang menjadi variabel dalam pengukuran Engagement karyawan pada survei ini, adalah :
a.
Perasaan
bermakna.
b.
Perasaan
aman.
c.
Perasaan
suka dan bangga.
d.
Ketersediaan
dukungan.
Berdasarkan hasil analisis
dengan menggunakan metode Importance performance
Quadrant didapat sub faktor yang dianggap penting, namun tingkat
kepuasannya masih belum sesuai dengan
harapan karyawan dan menjadi prioritas utama segera diperbaiki. sub faktor
tersebut adalah: ketegasan penerapan sanksi,
kesesuaian gaji dengan pekerjaan, kesesuaian gaji dengan kebutuhan, perbandingn
gaji perusahaan lain, kenaikan gaji sesuai prestasi, penghargaan perusahaan,
kesempatan promosi, program komunikasi internal, kualitas & kesesuaian
training, konsistensi pelaksanaan training, beban kerja vs posisi dan kecukupan
jumlah karyawan.
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si
(Penulis “Buku Dasar-Dasar PERIKLANAN”, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
(Penulis “Buku Dasar-Dasar PERIKLANAN”, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716
Telp/Fax. 022-4267749
Tidak ada komentar:
Posting Komentar