Senin, 02 November 2015

Pengukuran Indek Kepuasan Karyawan dan Employee Engagement di PT Pos Indonesia (Persero) Tahun 2014

Penelitian Swakelola, Tahun 2015

Sebagai sebuah upaya untuk terus memperbaiki kondisi lingkungan kerja, PT Pos Indonesia (Persero) pada Tahun 2014 ini  mengadakan Survei Kepuasan dan Engagement Karyawan. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawan  adalah dengan memperhatikan dan menerima masukan dari karyawan yang dapat diperoleh melalui survei kepuasan karyawan.

Metode Survei Kepuasan dan Engagement Karyawan dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan yang memenuhi persyaratan. Persyaratan karyawan yang dapat mengikuti Survey Kepuasan dan Engagement Karyawan ini adalah karyawan yang telah bekerja di PT Pos Indonesia (Persero).

Aspek-aspek yang menjadi variable dalam survey kepuasan karyawan ini, yaitu :
a.    Kebijakan dan kondisi Tempat kerja.
b.    Supervisi dan pengawasan.
c.    Salary/imbalan dan benefit.
d.    Prestasi (Achievment dan pengakuan (Recognition).
e.    Komunikasi dan kerja sama.
f.     Pengembangan karyawan (advancement)

g.    Pekerjaan (Work)

Faktor-faktor yang menjadi variabel dalam pengukuran Engagement karyawan pada survei ini, adalah :
a.    Perasaan bermakna.
b.    Perasaan aman.
c.    Perasaan suka dan bangga.

d.    Ketersediaan dukungan.

Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode Importance performance Quadrant didapat sub faktor yang dianggap penting, namun tingkat kepuasannya masih belum  sesuai dengan harapan karyawan dan menjadi prioritas utama segera diperbaiki. sub faktor tersebut adalah: ketegasan penerapan sanksi, kesesuaian gaji dengan pekerjaan, kesesuaian gaji dengan kebutuhan, perbandingn gaji perusahaan lain, kenaikan gaji sesuai prestasi, penghargaan perusahaan, kesempatan promosi, program komunikasi internal, kualitas & kesesuaian training, konsistensi pelaksanaan training, beban kerja vs posisi dan kecukupan jumlah karyawan.

Sedangkan untuk Engagement karyawan yang menjadi focus effort adalah selalu terima informasi terkini, masukan atasan untuk KPI individu, bahan dan perlengkapan kerja dan kemampuan atasan membangun tim.. . . ..…… (baca  Lengkap),



Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716 
Telp/Fax. 022-4267749

Tidak ada komentar:

Posting Komentar